Categories
Info Obyek Wisata

Watersport Tanjung Benoa Bali Wisata Seru Yang Wajib Anda Nikmati

Watersport Tanjung Benoa merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Bibir pantai di lokasi ini memiliki laut yang aman dan indah. Karang-karang laut di pantai ini juga masih lestari sehingga ombak pantai akan pecah di tengah sebelum menuju bibir pantai.

Tempat ini juga merupakan surganya wahana air, seperti banana boatparasailing,scuba diving, seawalker,rolling donut, flying fish, snorkeling, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga akan menemukan pelayaran menuju Pulau Penyu. Pulau ini merupakan tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Maka dari itu, tidak salah jika Tanjung Benoa juga dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.

watersport tanjung benoa bali

Aktifitas wahana air tentu sangat bergantung pada kondisi pasang surut air laut yang dikenal dengan istilah pasang purnama dan pasang tilem. Pada saat terkena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru dapat dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore hari. Sebaliknya, saat terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan baru bisa memulai aktivitas wisata laut ini sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari.

Pesisir Pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan atau banjar. Enam di antara ketujuh banjar tersebut masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan satu lainnya yaitu Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhan wilayah ini yaitu 400,39 hektar. Sebesar 226,64 hektar di antaranya merupakan luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian, luas wilayah bersin Tanjung Benoa hanya sekitar 173,75 hektar saja.

Sejarah Watersport Tanjung Benoa

Sejarah Watersport Tanjung Benoa dimulai pada awal tahun 80-an. Pada waktu itu, kawasan BTDC dibangun sebanyak 14 hotel. Melihat kejadian tersebut, masyarakat dan para perencana kawasan Tanjung Benoa ini  memiliki berbagai saran untuk memanfaatkan wilayah ini sebagai penyangga BTDC.

Pada mulanya, Tanjung Benoa dinilai hanya cocok dibangun perumahan untuk menampung ribuan karyawan hotel yang bekerja di kawasan BTDC. Beberapa saran lainnya yaitu menjadikan pesisir pada kawasan Tanjung Benoa ini sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata air.

Baca juga: Sewa Suzuki APV di Bali Untuk Menemani Perjalanan Wisata Anda

Dua puluh tahun kemudian, kawasan ini berkembang dengan pesat. Tanah yang mayoritas telah dikuasai investor kemudian dibangun hotel-hotel yang justru menjadi saingan BTDC. Sementara itu, atraksi wisata air di kawasan ini juga berkembang amat pesat sejak dibangunnya BMR oleh Ir. I Ketut Widia pada tahun 1985.

Namun di balik perkembangan Watersport Tanjung Benoa yang begitu pesat, ternyata muncul berbagai masalah akibat kurang terkendalinya pembangunan. Masyarakat di lingkungan Tanjung Benoa ini membangun berbagai fasilitas kepariwisataan sekehendak hati. Akibatnya, kawasan ini malah terlihat kumuh dan kurang terawat.

Untungnya, para pengusaha yang ada di kawasan Tanjung Benoa ini cepat sadar.Pada tahun 1996, mereka kemudian membentuk Komite Tanjung Benoa. Komite ini memiliki tujuan sebagai ajang promosi bersama agar kawasan Tanjung Benoa Bali makin dikenal. Selain itu, komite juga bertugas untuk mengelola dan menata lingkungan yang ada di sekitar kawasan ini.

Untuk mengubah suasana kumuh menjadi bersih dan nyaman,sasaran utama pihak komitejatuh pada masalah sampah dan kebersihan. Untuk memudahkan penanganan ha tersebut, akhirnya di masing-masing hoteldibentuklah pasukan Green Team.Komite juga mengusulkan kepada pemerintah, agar secepatnya dibuat trotoar di sepanjang jalan utama Tanjung Benoa.

Meskipun demikian, kesadaran pengusaha di kawasan ini ternyata belum menyatu bulat. Pasalnya, dari ratusan pengusaha yang ada hanya 24 perusahaan saja yang secara sukarela bergabung dalam Komite Tanjung Benoa ini. Namun, empat tahun kemudian, Pemerintah Kabupaten Badung juga menyusun Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) di ksawasan pesisir Pantai Tanjung Benoa. RTBL ini selanjutnya akan dijadikan sebagai pedoman,baik oleh masyarakat maupun komite dalam menata kawasan pesisir wisata Watersport Tanjung Benoa.

Categories
Info Obyek Wisata

Pantai Pandawa Salah Destinasi Terbaik dan Favorit di Bali

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Pulau ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang menjadi impian banyak orang. Ragam pesona pantai dan keindahan alam Pulau Dewata menjadi faktor utama banyaknya wisatawan yang berkunjung di Pulau ini. Meskipun demikian, banyaknya destinasi wisata justru sering kali membuat wisatawan bingung memilih objek wisata yang akan dikunjungi. Padahal, Anda tak perlu bingung. Pantai Pandawa dapat Anda jadikan destinasi terbaik selama di Bali.

Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai di Pulau Bali yang memiliki pasir berwarna putih. Pantai ini cukup populer baik dalam kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Hamparan garis pantai yang landai dan bibir pantai yang luas menjadi daya tarik utama pantai ini. Tak hanya itu, kebersihan pantai yang masih terjaga membuat nilai tambah tersendiri dari pantai ini. Kelebihan lain yang dapat Anda jumpai di pantai ini yaitu ombak yang tenang, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Serba-serbi Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini tersembunyi di balik perbukitan sehingga sering disebut juga sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Pada area sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar. Salah satu sisi dari tebing tersebut dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan dari posisi paling tertinggi diberi nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Apabila Anda berangkat dari bandara Ngurah Rai, Anda memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak 18 kilometer. Meskipun jaraknya hanya sejauh 18 kilometer, namun jalan menuju pantai yang berliku-liku membuat perjalanan menuju lokasi ini membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, Anda juga akan memasuki daerah rawan kemacetan, terutama di depan tempat wisata GWK Jimbaran.Jika Anda kurang familiar untuk mencari lokasi ini, Anda dapat mengunakan jasa sewa mobil yang ada di Bali lengkap beserta supirnya. Supir Anda dengan senang hati akanmengantar Anda hingga ke lokasi tujuan.

Baca juga: Sewa Suzuki APV di Bali Untuk Menemani Perjalanan Wisata Anda

Untuk memasuki kawasan Pantai Pandawa, Anda harus melewati sebuah jalan yang diapit oleh tebing batu yang terjal. Jalan yang harus Anda lalui ini berjarak sekitar 1 kilometer. Namun Anda jangan khawatir. Jalan menuju pantai sudah di aspal, dan juga disediakan tempat parkir yang luas. Dibatasi oleh tebing kapur membuat pantai ini sangat diminati oleh wisatawan domestik.

pantai pandawaSelain untuk tujuan wisata dan olahraga air, Pantai Pandawa juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut. Hal ini dikarenakan kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Tak hanya itu, cukup banyak pula wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa. Kawasan Pantai Pandawa juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk sinetron FTV.

Jika anda berkunjung ke Pantai Pandawa ini bersama keluarga dan anak-anak, Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Di pantai ini sudah banyak warung makan yang dapat Anda jumpai. Mulai dari yang menjual nasi goreng, mie goreng, hidangan laut bakar, hingga beberapa jenis makanan barat. Sementara itu, jika Anda ingin berjemur di pantai ini, beberapa warung makanjuga menyediakan kursi berjemur lengkap berserta payung yang dapat Anda sewa.

Categories
Info Obyek Wisata

Nusa Lembongan Panorama Indah di Pulau Bali Yang Wajib di Kunjungi

Salah satu pulau yang ada di Bali dan memiliki daya tarik yang cukup besar adalah Pulau Lembongan. Masyarakat Bali sering menyebutnya dengan nama Nusa Lembongan yang merupakan pulau kecil yang berada di satu area dengan Nusa ceningan dengan jarak sekitar 2 km di barat laut dari Nusa Penida. Pulau Nusa Lembongan ini ada di bagian tenggara dari pulau Bali.

Pulau ini mempunyai lebar sekitar 1,5 km dan panjangnya 4,6 km yang berada di kurang lebih 11 km dari bagian tenggara Pulau Bali. Masyarakat yang tinggal di daerah pulau ini bermata pencaharian sebagai petani rumput laut dan yang lainnya bekerja di sektor pariwisata. Pulau ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka dengan wisata air dan olahraga air.

Tempat Wisata di Pulau Nusa Lembongan

Ada cukup banyak tempat yang sangat menarik bagi para pengunjung seperti halnya pantai-pantai, goa, dan tebing laut yang cukup menantang. semua tempat-tempat menarik ini terbentuk secara alami. Bahkan di pulau ini juga terdapat rawa-rawa yang sangat menarik untuk di ketahui mengenai sejarah nya dan ada berbagai tempat lainnya yang bisa dikunjungi.

Pantai-pantai yang ada di Pulau Nusa Lembongan ini memiliki pasir putih. Pasir putih yang ada di pantai pantai ini masih sangat alami karena tidak tercemar dengan sampah. Ada berbagai tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi di sekitar Pulau Nusa Lembongan ini. Dengan mengunjungi Pulau ini maka para wisatawan bisa menikmati berbagai tempat wisata sekaligus.

Di pulau ini juga ada hutan mangrove yang masih terjaga keasriannya. Jika ingin menelusuri kawasan ini maka bisa menggunakan perahu sehingga bisa menikmati pemandangan sekitar pulau ini. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Nusa Lembongan.

– Pantai Jungut Batu

pantai jungut batu nusa lembonganPada dasarnya jungutbatu itu merupakan nama desa yang ada di Pulau Nusa Lembongan. Sementara pantai jungutbatu ini adalah destinasi wisata yang ada di bagian pintu masuk dengan menyebutkan berbagai keindahan alam. Di daerah ini masih kental keasliannya karena belum ditemui banyak kendaraan.

Baca juga: Sewa Vellfire di Bali Sebagai Solusi Wisata Anda dan Keluarga

– Mushroom Bay

mushroom bayMushroom Bay merupakan tempat wisata yang menarik dan memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah. Dengan mengunjungi pantai ini maka pengunjung bisa menikmati pasir putih dan juga air laut yang sangat jernih. Dengan demikian maka para wisatawan bisa melakukan diving dan snorkeling. Mushroom Bay ini dikelilingi tebing tebing di bagian kiri dan kanan pantai. Jika ingin menginap di area ini maka bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar bukit mushroom Bay.

– Dream Beach

dream beachPantai ini memang tidak seperti pantai di Bali lainnya yang memiliki ukuran besar. Para wisatawan bisa menikmati keindahan yang ada di pantai ini karena sangatlah eksotis. Apalagi ombak yang berdebu merupakan ombak yang konon terhempas berasal dari Samudra Hindia. Ada banyak sekali wisatawan asing yang mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan waktu dan melakukan aktivitas lancar karena gelombang ombak di pantai ini begitu keras dan cepat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai keindahan tempat wisata yang ada di Pulau Nusa Lembongan. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali, maka sangat disarankan untuk mengunjungi pulau ini karena memiliki berbagai keindahan alam yang begitu menakjubkan. Pada dasarnya masih ada banyak tempat wisata lagi yang ada di pulau ini. Dan apabila Anda ingin mengunjungi hutan mangrove maka bisa didapatkan di tempat ini.

Categories
Info Obyek Wisata

GWK Bali Taman Budaya Terkenal yang Wajib di Kunjungi

Objek wisata Garuda Wisnu Kencana atau yang sering disebut sebagai GWK Bali merupakan salah satu objek wisata di Bali yang sangat terkenal. Saking terkenalnya, hampir setiap hari objek wisata ini selalu ramai oleh pengunjung, baik dari kalangan wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Bahkan banyak pula para wisatawan mengatakan bahwa objek wisata Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu objek wisata di Bali yang wajib dikunjungi.

Objek wisata Garuda Wisnu Kencana ini merupakan sebuah taman budaya dengan luas sebesar 240 hektar. Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung 80364. Jika Anda datang dari Airport Ngurah Rai, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk menuju lokasi GWK Bali. lamanya perjalanan ini tentunya saat ditempuh dalam keadaan lalu lintas lancar.

Untuk menuju lokasi objek wisata GWK Bali, ada banyak cara yang dapat Anda tempuh. Anda dapat naik taksi dan meminta supir taksi untuk mengantar Anda hingga lokasi tujuan. Anda juga dapat mengendari kendaran sendiri. Namun, jika anda tidak ingin ribet mencari tempat parkir, maka sangat disarankan untuk mencari jasa sewa mobil plus supir di Bali saja.

Baca juga: Sewa Suzuki APV di Bali Untuk Menemani Perjalanan Wisata Anda

Hal ini dikarenakan biasanya GWK Bali memiliki tempat parkir yangcenderung penuh, terutama pada saat musim liburan. Selain itu, menyewa mobil pribadi juga disarankan bagi Anda yang tidak suka mengemudi di kemacetan dan berencana untuk wisata ke tempat wisata di Bali yang lainnya.

Dengan menggunakan jasa sewa mobil pribadi lengkap beserta sopirnya. Anda dapat langsung menghubungi supir Anda kapanpun pada saat Anda telah selesai mengunjungiobjek wisata tersebut. Supir Anda nantinya akan menjemput di tempat Anda mau keluar dari GWK Bali. Hal tentu ini jauh lebih nyaman jika dibandingkan harusnaik mobil sendiri.Bagi yang ingin berlibur dengan mobil mewah, Anda juga dapat menemukan beberapa tempat penyewaan mobil Alphard lengkap beserta sopirnya.

Daya Tarik Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Daya tarik utama wisatawan berlibur ke lokasi GWK Bali yaitu keinginan untuk melihat patung Garuda Wisnu. Patung ini dibangun dan di ukir oleh I Nyoman Nuarta, seorang pengukir dan pematung terkenal. Patung Garuda Wisnu awalnya direncanakan akan di bangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter. Pembangunan patung tersebut bertujuan untuk menjadikan GWK Bali sebagai salah satu objek wisata terkenal di Bali, yang menawarkan salah satu karya seni patung terbesar.

gwk baliPatung tersebut juga nantinya diharapkan menjadi salah satu karya yang paling menakjubkan yang tentunya mencerminkan nilai budaya lokal Bali.Namun hingga saat ini, tinggi patung baru hanya mencapai 20 meter dan belum selesai tahap pembangunannya.

Selain patung Garuda Wisnu, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam diobjek wisata GWK Bali ini. Pemandangan matahari terbenam yang disuguhkan objek wisata ini juga tak kalah indahknya jika dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Tak hanya itu, objek wisata GWK Bali juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan yang dihadirkan dari pagi hari hingga malam hari.

GWK Cultural Park Bali, juga menawarkan berbagai fasilitas yang ideal dan tentunya memadai untuk berbagai jenis acara publik maupun acara swasta, baik dalam skala kecil atau skala besar. Selain itu, fasilitas infrastruktur pendukung juga banyak Anda temui di area objek wisata ini, seperti wisnu plaza, lotus pond, exhibition hall, dan lain sebagainya. berbagai fasilitas dan infrastruktur yang dibangun tersebut diharapkan dapat membuat para pengunjungnya merasa nyaman berlama-lama di objek wisata ini.

Categories
Info Obyek Wisata

Nusa Penida Bali Sebuah Pulau Cantik Bak Surga Tersembunyi

Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian banyak orang adalah Bali. Namun ternyata tidak hanya Pulau Bali saja yang memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Karena ada salah satu pulau di Bali yang mana itu bukan Pulau Bali dan memiliki panorama yang begitu indah. Pulau tersebut merupakan pulau Nusa Penida.

Tempat ini adalah pulau kecil yang berlokasi di bagian tenggara dari pulau Bali. Sebenarnya ada dua pulau kecil lainnya yang berlokasi di wilayah yang sama dengan Nusa Penida yakni Pulau Nusa Ceningan dengan Pulau Nusa Lembongan. Banyak orang-orang yang menyebut ini dengan nama pulau gede karena pulau ini merupakan pulau yang terbesar dari ketiga pulau tersebut. Bagi orang-orang yang suka dengan wisata air maka pulau ini merupakan pilihan tempat wisata yang sangat tepat.

Daya Tarik Pulau Nusa Penida

Perlu diketahui bahwasanya wisata ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Tempat wisata ini memiliki panorama yang sangat indah sehingga bisa membius para pengunjung berdatangan. Perlu diketahui bahwa area wisata ini landai yang berada di daerah perbukitan yang di sekitarnya dikelilingi oleh lautan.

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar Nusa Penida memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, pedagang, dan petani rumput laut. Jika berkunjung ke tempat wisata ini maka anda akan merasakan udara yang sangat sejuk dan segar. Apalagi pulau ini bebas dari sampah dan polusi sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang sedang mencari ketenangan.

wisata broken beach nusa penidaSelain itu Nusa Penida ini memiliki pasir putih yang sangat berkilau karena terjaga kebersihannya. Di kawasan ini menjadi salah satu pusat  konservasi untuk burung langka dan tumbuhan. Beberapa makhluk langka yang ada di kawasan ini yakni penyu hijau dan jalak Bali.

Dengan demikian maka bisa disimpulkan bahwasanya selain menjadi tempat wisata yang memanjakan mata, Nusa Penida juga merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menjaga satwa dan tumbuhan langka sehingga bisa menjadi wahana edukasi bagi para wisatawan. Untuk penangkaran penyu hijau yang ada di Nusa Penida Sama halnya dengan penangkaran yang dilakukan di Tanjung Benoa.

Baca juga: Sewa Vellfire di Bali Sebagai Solusi Wisata Anda dan Keluarga

Keindahan lainnya yang ada di Nusa Penida yakni terdapat kegiatan wisata bahari. Jika mengunjungi Pulau ini maka ada banyak sekali pantai yang bisa dinikmati. Di pantai ini para wisatawan bisa melakukan snorkling dan juga diving. Para pengunjung bisa Menikmati keindahan bawah laut di Pulau Nusa Penida yang begitu indah.

Pulau ini bisa dikatakan sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga ketika berkunjung ke pulau ini maka terasa milik sendiri. tidak heran apabila tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk relaksasi otak dan tubuh setelah mendapatkan banyak beban.

Bagi para pengunjung yang suka dengan aktivitas diving atau snorkeling maka bisa melakukannya di pantai ini dengan leluasa. Terumbu karang di dasar laut ini sangatlah alami sehingga banyak sekali ikan yang menjadikan terumbu karang ini sebagai tempat tinggal. Di pantai ini juga terdapat ikan yang langka bernama ikan Mola-Mola.

Apabila ingin berkunjung ke Nusa Penida maka ada berbagai akses yang bisa digunakan baik menggunakan jalur darat maupun jalur laut. Namun apabila ingin akses yang paling baik maka gunakanlah jalur laut karena bisa dicapai lebih cepat dan lebih mudah. Anda bisa memulai dari Pelabuhan Padang Bai, Pelabuhan Pantai Sanur, dan Pelabuhan Klungkung.